Perbedaan Linux dan Windows

Apakah Anda sudah tahu apa saja perbedaan Linux dan Windows?

Ya, Linux dan Windows adalah sistem operasi yang mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Akan tetapi, jika dilihat dari segi jumlah penggunanya.

Windows mempunyai jumlah pengguna yang lebih banyak diantara keduanya, juga bahkan jika dibandingkan oleh Macintosh.

Sedangkan dari segi harga, Windows, diantara keduanya mempunyai harga yang secara signifikan lebih tinggi sebab Anda tidak perlu membayar untuk memakai Linux.

Hal tersebut karena Linux adalah sistem operasi open source (terbuka) sehingga dimana sistem operasi ini bisa dikembangkan oleh siapa saja.

Sedangkan, kalau untuk Windows sendiri merupakan sistem operasi berbayar atau komersial. Dimana kita wajib membeli lisensi dari Microsoft, dari sang perusahaan yang menaungi Windows tersebut.

Kini Windows telah mencapai seri 10 dan dimana salah satu produknya yang terlaris. Sistem operasi Windows 10 juga mempunyai antarmuka yang kembali terhadap Windows sebelum seri ke-8 yang sangat baru buat para user Windows veteran.

Buat Anda yang pengen berpindah dari sistem operasi Windows ke Linux, berikut akan kami berikan beberapa list mengenai perbedaan Linux dan Windows supaya Anda tidak kaget saat berpindah nantinya.

Perbedaan Linux dan Windows

1. Segi Harga

Adapun hal pertama yang lebih mencolok dari perbedaan kedua sistem operasi ini yaitu dari segi harga. Hal ini tentunya jelas sebab Linux adalah sistem operasi terbuka yang dapat seenaknya dimodifikasi oleh penggunanya.

Oleh karena itu, sistem operasi ini tidaklah berbayar. Namun, untuk menggunakan Windows sendiri, Anda wajib mengeluarkan kocek yang cukup dalam apabila pengen memakai Windows original.

Ya, meski bagaimanapun lebih disarankan untuk menggunakan Windows original (yang berlisensi).

2. Segi Tampilan

Kemudian hal kedua dari perbedaannya yaitu dari segi penampilannya. Sebetulnya tampilan yang dimiliki oleh Linux ini juga agak hampir mirip dengan Windows.

Akan tetapi, yang membedakannya yakni tampilan Windows lebih bervariasi dan lebih apik jika dibandingkan tampilan yang dimiliki Linux.

Hal ini mungkin karena Windows adalah berbayar, sehingga Microsoft memberikan fitur yang mampu mengganti tampilannya supaya tidak membosankan.

3. Segi Sekuritas atau Ketahanan

Adapun perbedaan Linux dan Windows lainnya yang agak mencolok yakni dari segi ketahanan yang dimiliki dari keduanya.

Untuk Windows sendiri sangat rentan sekali terkena virus (malware). Hal tersebut mungkin dikarenakan sistem operasi ini banyak penggunanya, menjadikan para pembuat virus sudah hafal cara membobol sistem ketahanan dari Windows.

Berbeda halnya dengan Windows, untuk Linux ini terkenal akan ketahanannya terhadap virus. Hal ini karena Linux mempunyai sistem yang rumit dibandingkan Windows.

4. Segi Penggunaan

Untuk penggunaan Linux biasanya digunakan pada sistem administrator. Dimana salah satu alasannya yakni source codenya yang mudah diubah serta ketahanannya terhadap serangan virus.

Sementara kalau untuk Windows sendiri, karena penggunaannya yang sangat mudah. Dimana pada umumnya sistem operasi ini dipakai oleh masyarakat seperti pelajar, pemula dan gamers.

Terutama buat para gamers, sebab gamers lebih memilih memakai Windows karena hampir semua games diperuntukkan pada sistem operasi ini.

Sedangkan untuk format di Linux yaitu ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs dan lainnya.

5. Keunggulan Masing-masing

Adapun salah satu yang menjadi keunggulan dari Windows ini yaitu aplikasi bernama Microsoft Office. Untuk aplikasi ini sendiri bisa dibilang sangat nyaman dipakai untuk bekerja. Contohnya seperti menulis laporan, mengetik, membuat presentasi dan lainnya.

Sedangkan hal yang unggul pada sistem operasi Linux yaitu aplikasi Web server, proxy server, mail server, samba, firewall dan lainnya.

Akan tetapi, buat pengguna Linux kini untuk mengembangkan aplikasi Office yang pengen setara dengan Microsoft Office adalah StarOffice.

6. Segi Distribusi

Selanjutnya perbedaan Windows dan Linux yaitu dari segi distribusinya. Anda boleh mendapatkan sistem operasi ini lewat beberapa situs seperti situs milik ubuntu, debian dan lainnya.

Sementara kalau untuk memperoleh Windows, Anda wajib membeli DVD nya.

7. Dukungan Hardware

Ada banyak hardware yang belum kompatibel pada sistem operasi Linux ini. Sedangkan, sebaliknya, ada banyak produsen dan vendor yang memproduksi hardware yang telah kompatibel pada sistem operasi milik Microsoft.

Alasannya adalah tentu saja Microsoft merupakan sistem operasi yang terlaris sejagat.

Sekian dulu ya artikel kita kali ini mengenai 7 perbedaan Windows dan Linux. Bagaimana, pengen coba keduanya atau mau berpindah dari yang satu ke yang lainnya?

Tidak ada salahnya kok untuk mencoba, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Terima kasih sudah mau meluangkan waktunya untuk membaca blog ini!

Leave a Reply