Contoh Kerajinan Bahan Lunak

Contoh Kerajinan Bahan Lunak – Seiring oleh perkembangan zaman, kini ada banyak sekali produk-produk terbaru yang bisa dibuat oleh para pengrajin. Misalnya seperti keramik, piring, dompet dan lainnya.

Agar dapat membuat kerajinan dari bahan lunak, Anda juga boleh memakai bahan-bahan yang alami maupun dengan bahan-bahan buatan lainnya. Yang penting sesuai dengan kerajinan yang mau Anda buat.

Bahan utama dalam pembuatan sebuah kerajinan ini boleh dengan mudah Anda peroleh cuma dengan menggunakan bahan alam seperti bambu dan tanah liat misalnya.

Anda dapat memanfaatkan hasil kerajinan ini sebagai bentuk hadiah teruntuk seorang sahabat atau untuk orang paling istimewa di sekitar Anda.

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa contoh produk kerajinan yang bisa dibuat dari bahan lunak :

1. Kerajinan Tanah Liat

Untuk contoh produk kerajinan pertama yakni kerajinan tanah liat, dimana kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat.

Disamping itu, Kerajinan tanah liat juga kerap disebut sebagai kerajinan keramik.

Apa itu kerajinan keramik?

Kerajinan keramik ini merupakan hasil karya kerajinan yang memakai bahan baku dari tanah liat yang lewat proses sedemikian rupa. Untuk pembuatannya sendiri seperti dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir.

Sehingga dengan begitu akan menghasilkan barang atau benda pakai serta benda hias yang indah.

Adapun contoh kerajinan tanah liat diantaranya seperti : gerabah, guci, vas bunga, guci, kendi, cobek, danĀ  lain sebagainya.

2. Kerajinan Serat Alam

Contoh kerajinan yang kedua adalah kreasi serat alam, dan merupakan hasil karya kerajinan yang menggunakan bahan baku serat alam.

Sedangkan teknik pembuatan pada kerajinan ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam. Kerajinan dari serat alam dapat dibuat menjadi barang ataupun benda pakai, bahkan juga bisa menjadi benda hias yang indah.

Untuk bahan-bahan serat alam bisa menghasilkan kerajinan tangan dengan berbagai macam. Contohnya saja adalah tas, dompet, topi, alas meja, pigura, tempat lampu dan kerajinan dinding.

3. Kerajinan Bahan Lunak dari Kulit

Kemudian untuk contoh produk kerajinan yang ketiga yakni kerajinan kulit, dan merupakan hasil karya kerajinan yang pembuatannya memakai bahan baku dari kulit yang telah disamak, kulit mentah (kulit sintetis).

Untuk karya kerajinan dari kulit ini diproses dengan memakai teknik ukir dan jahit.

Lalu, hewan apa saja yang kulitnya dapat dibuat sebagai kerajinan?

Salah satu pertanyaan yang bagus, untuk kulit hewan yang biasanya dipakai pada kerajinan yaitu hewan sapi, kerbau, kambing dan juga buaya bisa dijadikan sebagai bahan dasar pada pembuatan kerajinan.

Dari hewan yang tersebut kulitnya lebih tebal, sehingga tidak mudah rusak ketika diukir. Selain itu, juga mempunyai kualitas yang lebih bagus dibandingkan hewan yang lainnya.

Contoh kerajinan dari bahan kulit antara lain : tas, dompet, sepatu, wayang dan jaket. Untuk hasil karya kerajinan dari kulit ini biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi sebab dengan menggunakan bahan baku yang sulit dicari.

4. Kerajinan Gips

Contoh kerajinan yang keempat yakni kerajinan gips, dan merupakan hasil karya kerajinan yang memakai bahan baku gips.

Apa sih gips itu?

Nah, gips adalah bahan mineral yang tidak dapat larut dengan menggunakan air dalam jangka waktu yang lama apabila sudah menjadi padat.

Untuk kandungan dari gips sendiri terdiri dari jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti : karbonat, nitrat, borat dan sulfat. Dimana bisa terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan bakal terasa panas.

Pada prosesnya pun mesti dicairkan dulu kalau pengen bentuk seperti yang diinginkan, dan juga harus dibuat dengan cetakan.

Apabila akan diproduksi dengan jumlah yang banyak, maka harus dibuat model lebih dulu.

Umumnya, untuk semua produk gips akan memerlukan cetakan. Bahan utama dalam pembuatan cetakan tersebut yaitu silicone rubber, namun yang paling mudah dicari yakni plastisin ataupun tanah liat.

Adapun contoh kerajinan dari gips, contohnya mainan dan hiasan dinding. Kerajinan gips ini kerap dibuat dan biasanya pun berupa benda hias yang sangat indah.

5. Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

Contoh kerajinan dari bahan lunak yang kelima yakni kerajinan lilin, dimana merupakan hasil karya kerajinan dengan menggunakan bahan dasar lilin.

Untuk pembuatan kerajinan dari bahan dasar lilin ini terbilang cukup sederhana dan mudah, sehingga bisa dilakukan oleh kebanyakan orang.

Bagaimana cara pembuatannya?

Kalau kita pengen mengubah bentuknya hingga menjadi benda kerajinan yang unik. Tentu saja tentukan pencairan dengan proses pemanasan diatas api ataupun kompor.

Nah, setelah mencair kita tinggal cetak dengan menggunakan tempat cetak yang kita mau. Kerajinan lilin biasanya menggunakan teknik ukir dan teknik cetak.

Sekian dulu ya, terima kasih!

Leave a Reply